Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Cara Kerja Firewall

.... ...
Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Cara Kerja Firewall - Kali ini admin akan membahas dasar firewall dan cara setting firewall pada Router Mikrotik, tetapi sebelumnya kita harus tahu dulu, apa itu Firewall ??

Pengertian Firewall

Pengertian Firewall
Firewall adalah Sistem yang berfungsi untuk memberikan otorisasi pada lalu lintas jaringan yang dapat keluar atau masuk pada sebuah jaringan. Dengan firewall, dapat meningkatkan kemampuan pelindung keamanan jaringan dari serangan yang sering berasal dari luar network.

Fungsi Firewall
Berikut beberapa fungsi firewall, kita kembali kepada Inti fungsi Firewall:

  1. Sebagai pengontrol, mengawasi arus paket data yang ber-aktifitas di dalam jaringan
  2. Sebagai pengatur, memfilter lalu lintas data, apakah akan diizinkan untuk mengakses jaringan privat yang dilindungi
  3. Melakukan autentifikasi terhadap akses
  4. Firewall mampu memeriksa lebih dari sekedar header dari paket data, kemampuan ini menuntut firewall untuk mampu mendeteksi protokol aplikasi tertentu yang spesifikasi
  5. Mencatat setiap transaksi baik melalui http, http, udp, tcp, port 80, 88, 433, dll. 
Manfaat Firewall
Berikut beberapa manfaa dari firewall, bisa di filter keutamaannya:

  1. Firewall sebagai filter untuk mencegah lalu lintas tertentu mengalir ke subnet jaringan. Hal ini mencegah pengguna berbagi file, dan bermain-main di jaringan.Aplikasi jenis ini berguna terutama dalam sektor korporasi.
  2. Untuk memodifikasi paket data, biasanya proses ini disebut dengan Network Address Translation (NAT), biasanya proses ini disebut juga sebagai IP samaran. Hal ini membantu pengguna dalam sebuah jaringan yang meliputi system tanpa nomor IP public yang beralamat, untuk mengakses ke internet.
  3. Selnjutnya firewall ini sangat bermanfaat bagi user ketika berselancar di dunia maya, karena meminimalisir terjadinya lost data atau data yg di sabotase oleh hacker dan sejenisnya. 
  4. Manfaatnya juga jaringan kita bisa terhindar dari spoofing atau para attacker yg mencoba masuk ke jaringan kita 
Cara Kerja Firewall
Kali ini bagaimana si cara kerja firewall, ok sobat kita simak:

Cara kerja firewall adalah sebagai penghalang antara rumah sobat (Jaringan Lokal) dan dunia luar (Internet). Mungkin bisa kita samakan dengan pekerjaan seorang satpam, yang selalu mengintrogasi tamu yang akan masuk kedalam rumah kita, istilah kerennya memfilter tamu yang memiliki izin dan dirasa tidak ada ancaman akan diperbolehkan untuk masuk. Tetapi jika si satpam ini merasa curiga dengan tamu tersebut, yaudah langsung tendang keluar. 

Firewall menggunakan metode lalu lintas masuk dan keluar dalam sebuah jaringan:
  1. Packet Filtering: Pada metode ini paket (potongan kecil data) dianalisa dan dibandingkan denganfilter. filter paket memiliki seperangkat aturan yang datang dengan tindakan menerima dan menolak yang pra-dikonfigurasi atau dapat dikonfigurasi secara manual oleh administrator firewall.. Jika paket berhasil membuatnya melalui filter ini maka itu diperbolehkan untuk mencapai tujuan, kalau tidak akan dibuang.
  2. Stateful Inspeksi: Ini adalah metode baru yang tidak menganalisa isi dari paket. Sebaliknya ia membandingkan aspek kunci tertentu setiap paket database sumber terpercaya.. Kedua paket yang masuk dan keluar dibandingkan terhadap database ini dan jika perbandingan menghasilkan pertandingan yang wajar, maka paket yang diizinkan untuk melakukan perjalanan lebih lanjut. Jika tidak, mereka akan dibuang.
Demikian penjelasan detail mengenai Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Cara Kerja Firewall, semoga bermanfaat untuk sobat Kepoh, semoga sobat mudeng ya, kalau misalnya kurang faham silahkan baca aja lagi dan jangan lupa diresapi heee 

Like ShareIT-Kepeojelek di Facebook: Facebook.com/kepojelek 
Follow ShareIT-Kepeojelek  di Twitter: @kepojelek


Salam 
Kepoh-

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Cara Kerja Firewall"

Post a Comment