Pengertian, Contoh dan Cara Setting Port Forwarding Mikrotik

.... ...
Pengertian dan Cara Setting Port Forwarding Mikrotik -  Halo sahabat KJ, Kali ini kita akan membahasa secara detail tentang aplikasi satu ini yang bisa menghantarkan sebuah, data server atau yang lainnya sampai kemana-mana, yakni Port Forwarding. Secara umum Port Forwarding ini adalah aplikasi yang terdapat di mikrotik dengan memanfaatkan fitur NAT (Network Access Translation), dengan ini maka setiap data yang terhubung bisa di alihkan secara otomatis ke IP Address lain/alamat lain, baik menggunakan port yang sama atau port yang berbeda ^_+
Ok, langsung

Contoh :

  • Forward CCTV 
Pengertian, Contoh dan Cara Setting Port Forwarding Mikrotik
Jaman moderen ini, CCTV bukan merupakan hal yang baru lagi. Karena sudah hampir disemua tempat, dari : rumah, kantor, gudang, toko, jalan dan tempat-tempat perbelanjaan, semuanya sudah menggunakan CCTV, tidak hanya bisa dipantau dari tempat itu juga, tetapi dengan fitur Forwarding, maka CCTV ini bisa dipantau dari mana saja dan kapan saja, selagi masih terkoneksi ke Internet, zaman semakin canggih dan teknologipun akan semakin berkembang.


  • Forward Server

Pengertian, Contoh dan Cara Setting Port Forwarding Mikrotik
Server merupakan hal yang tidak asing lagi bagi kita, karena kebanyakan perusahaan sudah menggunakan server untuk kepentingan penyimpanan data-data perusahaan, baik itu yang berbentuk dekstop maupun aplikasi, hal ini yang biasanya bisa dikatakan server adalah jalan atau tidaknya suatu perusahaan, dengan demikian koneksi juga mendukung sebuah kinerja server itu sendiri,, dengan memanfaatkan Forwarding, memungkinkan seorang IT untuk melakukan remote server.

  • Forward Perangkat Jaringan
Pengertian, Contoh dan Cara Setting Port Forwarding Mikrotik
Tentunya dalam dunia IT, perangkat-perangkat jarigan tidak lepas dari sistem monitoring, dengan demikian fitur Forwarding ini pasti akan di manfaatkan semaksimal mungkin untuk memonitoring perangkat-perangkat jaringn yang ada, seperti perangkat yang ada digambar. 




Forwarding menggunakan mikrotik 

Pada simulasi kali ini, kita menggunakan mikrotik type RB951-2n, berikut topologi jaringan yang akan kita praktekkan, mudah-mudahan bisa di ikuti dan tidak ada kesulitan yaa,,,,, heeee
Pengertian, Contoh dan Cara Setting Port Forwarding Mikrotik


Nha dari topologi di atas, kita ambil contoh simplenya,, saya mempunyai CCTV dengan IP Lokal 192.168.1.9 port 88,  karena masih menggunakan IP lokal jadi CCTV masih belum bisa di akses dari Internet. Kasusnya, gimana nih caranya supaya bisa di akses dari Internet, ok dari topologi di atas anggaplah IP Publik Router adalah 110.232.45.67, disinilah fungsi dari port forwarding, kita akan mengalihkan IP Lokal CCTV 192.168.1.9 ke IP Publik Router, agar CCTV bisa di akses dari Internet, langsung saja ke TKP.
Berikut tutorial cara setting port forwarding di mikrotik :

  • Pastikan perangkat yang akan di forward sudah terhubung ke Router dengan baik, jangan lupa juga pastikan Gatewaynya.
  • Remote mikrotik menggunakan winbox, mari kita membuat rulenya : IP - Firewall - NAT - Add
Pengertian, Contoh dan Cara Setting Port Forwarding Mikrotik

  • Perintah di bawah ini bisa digambarkan bahwa, IP 192.168.1.9 (CCTV) dengan Port 88 akan di alihkan ke IP 110.232.45.67 (Publik) dengan port 89, sehingga ketika kita ingin mengakses cctv dari Internet, bisa menggunakan IP 110.232.45.67 port 89.
Pengertian, Contoh dan Cara Setting Port Forwarding Mikrotik
    /ip firewall nat add chain=dstnat dst-address=110.232.45.67 protocol=tcp dst-port=89 action=dst-nat to-addresses=192.168.1.9 to-ports=88
Sekian sobat KJ bagaimana cara setting forwarding di mikrotik, menggunakan cara yang paling simple untuk mengatasi solusi remote akses dari Internet. Maka dari itu IP Publik Statik sangat penting untuk sebuah perusahaan yang memiliki banyak system dan aplikasi online, karena dengan IP Publiklah bisa termanage dengan nyaman, sehingga bisa termonitoring juga secara online.

Selamat, mencobaaa ^_+

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian, Contoh dan Cara Setting Port Forwarding Mikrotik "

Post a Comment