Cara setting hotspot di mikrotik

.... ...
Cara setting hotspot di mikrotik - Mikrotik merupakan produk yang memiliki banyak sekali fitur, salah satunya adalah management hotspot. Kelebihan menggunakan settingan ini adalah, kita bisa membuat user dan password berbeda-beda sesuai dengan keinginan, kita juga bisa limit bandwidth jadi per user bisa diberikan speed yang berbeda-beda.

Berikut cara setting hotspot di mikrotik :


  • Masuk ke menu [IP - Hotspot - Hotspot Setup] , berikut lagkahnya :
Hotspot mikrotik
  • Setelah klik Hotspot Setup, maka kita akan di arahkan ke settingan selanjutnya dengan menampilkan kotak dialog di setiap langkahnya. 
  • Pertama kita diminta untuk menentukan Interface yang akan diaktifkan sebagai Hotspot, disini saya menggunakan ether2, kemudian Next.
  • Pada langkah ini, jika Interface Hotspot sudah ada IP Address maka secara otomatis tahap ini akan terisi IP Address. Jika belum ada IP, maka kita bisa memberikannya secara manual pada langkah ini, kemudian Next.
  • Selanjutnya kita diminta untuk menentukan range DHCP IP yang akan diberikan kepada user/client. Disini yang perlu diperhatikan adalah, router akan memberikan range secara otomatis sesuai dengan subnet IP yang berada pada Interface Hotspot, tapi kita juga dipersilahkan merubahnya jika itu yang kalian inginkan, kemudian Next.
  • Kemudian kita akan menentukan SSL certificate, jika kita akan menggunakan HTTPS pada halaman login. Jika kita tidak mempunya certificate SSL, maka kita pilih none, kemudian Next.
  • Pada langkah ini, jika diperlukan SMTP Server khusus untuk server hotspot bisa ditentukan. Jadi ketika ada request dari SMTP Client bisa di teruskan ke SMTP yang sudah kita tentukan. Jika tidak disediakan SMTP Server, biarkan saja default 0.0.0.0 kemudian Next.
  • Dsini kita akan menentukan DNS Servers yang akan digunakan, kalian bisa menggunakan DNS Provider yang telah disediakan. Disini kita menggunakan DNS Google, kemudian Next.
  • Lalu kita diminta untuk mengisikan DNS Name sebagai local hotspot server, jika kita mengisikannya maka ketika user masuk ke halaman login mereka akan di alihkan ke alamat kepojelek.hotspot.com, jika tidak di sisikan maka yang akan muncul adalah IP local hotspot, kemudian Next.
  • Langkah berikutnya kita diminta untuk menentukan User dan Password login hotspot, kita membuat user lebih dari satu sesuai dengan keinginan pengguna, kemudian Next.
  • Setelah itu akan muncul pemberitahuan seperti di atas yang Intinya adalah, setting hotspot kita berhasil dan bisa digunakan.
  • Kemudian kita coba untuk test settingan hotspot kita, apakah sudah berhasil atau belum. Caranya, pastikan laptop kita sudah terkoneksi ke jaringan hotspot lalu ketik alamat sembarang di browser, jika berhasil maka kita akan di arahkan ke halaman login seperti di atas. Silahkan masukkan user dan password yang telah kita buat sebelumnya. Untuk cara merubah tampilan login (Walgarden) Silahkan ikuti langkah, Cara merubah tampilan login Hotspot.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara setting hotspot di mikrotik"

Post a Comment