Pengertian mikrotik, penjelasan dan fungsinya ?

.... ...
Pengertian mikrotik, penjelasan dan fungsinya ? - Mikrotik adalah Perusahaan yang berorientasi pada perangkat lunak-software yang saling berhubungan dengan jaringan komputer dan berpusat di Latvia, bersebelahan dengan Rusia. Mikrotik berdiri pada tahun 1995 mengembangkan router dan sistem ISP-Internet Service Provider nirkabel.

Mikrotik dibuat oleh MikroTikls merupakan perusahaan dikota Riga, Latvia. Mikrotik pada awalnya ditujukan untuk Perusahaan Jasa layanan Internet (PJI) atau Internet Service Provider (ISP) yang memberikan perlayanan menggunakan teknologi nirkable. Saat ini Mikrotik memberikan layanan banyak ISP untuk layanan akses jaringan Internet dipelosok Negara di Dunia. Seperti kita tahu, mikrotik menyediakan software dan hardware untuk konektivitas internet di banyak Negara termasuk Indonesia. Beberapa produk unggul dari Mikrotik adalah Router, Switch, Antenna dan perangkat pendukung lainnya. Sedangkan produk software unggul mikrotik yaitu, Mikrotik RouterOS. 


Mikrotik router os adalah software yang digunakan untuk mengubah PC menjadi sebuah Router berbasis Linux Kernel dan di Install sebagai Sistem Operasi:

  1. Support banyak driver perangkat : Ethernet, ISDN, USB 3G Modem, Wireless Card dll.
  2. Mempunyai fitur yang melebihi sebuah router :
  • Manajemen user (PPPoE, Hotspot, DHCP, dan lain-lain) 
  • Routing (BGP, Statik, WMM, OSPF)
  • Firewall
  • Bandwidth limiter (Fully-customized)
  • Tunnel (PPTP, L2TP, PPPoE, EoIP, SSTP, OpenVPN)
  • Real-time Tools (Torch, Watchdog, Mac-ping) 
Fungsi mikrotik sebagai salah satu pusat management jaringan Internet, baik dalam jaringan local maupun publik. Berikut beberapa uraian dari fungsinya :

  1. Sebagai manajemen koneksi Internet secara terpusat dan tentunya akan memudahkan pengecekan ketika ada trouble. 
  2. Untuk mengatur trafik dan bisa melakukan limit bandwidth client sesuai dengan yang kita inginkan. 
  3. Pengaturan firewall pada jaringan, baik itu untuk forward, block, direct dan lain-lain. 
  4. Sering digunakan juga sebagai routing antar satu jaringan dengan yang lainnya. 
  5. Membuat billing hotspot. 
  6. Dan masih banyak lagi fungsinya.  

Lisensi router os adalah software mikrotik yang digunakan untuk memaksimalkan fitur-fitur yang ada secara penuh dengan cara membeli atau membayar lisensi tersebut. Mikrotik yang sering kita kenal dengan istilah Level di lisensinya.
Mikrotik
Lisensi mikrotik tersedia dari level 0,1,3 sampai dengan level 6, yang jelas kemampuannya berbeda-beda sesuai dengan levelnya, berikut penjelasan lisensi level mikrotik yang ada :
  1. Level 0 : Pada level ini adalah level Demo, jadi tidak ada biaya yang harus dikeluarkan alias gratis. Namun ada batasan bagi penggunanya dan batasan tersebut hanya dua puluh empat jam, setelahnya level ini akan notresponding secara otomatis.
  2. Level 1 : Level ini sama dengan level 0, masih Demo dan tentunya gratis. Disni anda bisa menggunakannya untuk fungsi routing yang standar saja masih baku dengan satu panel pengaturan dan tidak memiliki batasan waktu penggunaan.
  3. Level 3 : Untuk level ini masih gratis juga, fiturnya sudah termasuk level 1 ditambah dengan kemampuan memanagemen perangkat keras Ethernet dan perangkat wireless client serta perangkat kartu jaringan lainnya.
  4. Level 4 : Di level yang ke 4 ini sudah berbayar Harganya sekitar 31 dolar setara dengan Rp. 403.000, fitur ini sudah mencangkup level 1,3 dan kemampuan mengelola perangkat wireless akses poin.
  5. Level 5 : Untuk mikrotik level ini harganya 65 dolar setara dengan Rp. 845.000,- fitur ini mencangkup level 1,3,4 dan ditambah pengelolaan hotspot yang lebih banyak.
  6. Level 6 : Pada level ini tentunya sudah mencangkup semua level atau tidak ada limitnya. Untuk harganya sekitar 155 dolar setara dengan Rp 2.015.000,- kemampuannya sudah mencangku semua level dan dalam batas maksimal.
Jadi buat anda yang menggunakan mikrotik, silahkan memilih level mikrotik yang sudah disediakan secara langsung di situs mikrotik sendiri, tinggal beli lisensi yang di inginkan, melakukan pembayaran dan terakhir pihak mikrotik akan memberikan kode lisensinya kepada anda. 


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Pengertian mikrotik, penjelasan dan fungsinya ?"